Langsung ke konten utama

CERITA NATAL DARI KOTA RUTENG

Natal selalu membawa kebahagiaan tersendiri bagi umat kristiani. Mengenang kedatangan sang juru selamat sudah menjadi tradisi yang diwariskan secara turun temurun. Begitupun ketika kita berkunjung ke sebuah kota kecil di daratan Flores provinsi Nusa Tenggara Timur, kota dengan mayoritas penduduknya beragama kristen katolik dengan gereja-gereja besar yang siap membunyikan lonceng-loncengnya ketika lagu gloria dinyanyikan saat malam natal. Kota Ruteng, sebuah kota yang menjadi alasan ribuan perantau merasa ingin pulang setiap bulan Desember memberikan suasanayang berbeda dari bulan-bulan biasanya. semangat menyambut kedatangan Yesus ditampilkan dalam dekorasi dan perayaan-perayaan yang semarak. berikut beberapa alasan yang membuat perantau selalu ingin pulang ke Ruteng saat natal tiba.
1. Ruteng selalu hujan saat Natal
Di Eropa, natal selalu identik dengan salju sehingga tak heran dekorasi natalpun selalu menggambarkan hal-hal yang berhubungan dengan musim dingin. tak bedanya dengan suasana natal di Eropa, Ruteng pun memberikan hawa dingin yang kerap terjadi saat natal. dan yang paling spesial adalah hujan yang kerap tak pernah lupa untuk datang setiap Tahunnya untuk menggantikan salju pada perayaan Natal. itu sebabnya selalu dianjurkan untuk membawa payung dan jaket yang tebal ketika akan merayakan natal di kota ini. Balutan towe songke asli manggarai juga bisa menjadi solusi yang pas untuk menyelimuti tubuh dari dinginya kota.
2. Dekorasi natal menghiasi kota

ketika memasuki gerbang kota ruteng saat bulan Desember, mata kita akan dimanjakan oleh dekorasi dekorasi natal yang dibuat oleh OMK (orang muda Katolik) setempat. Suasana hujan tak sedikitpun menyurutkan semangat anak-anak muda di kota ini untuk mempercantik kotanya. Lampion-Lampion raksasa beserta lampu kelap-kelip yang cantik, pohon-pohon natal raksasa, yang salah satunya dapat kita temui di jantung kota yaitu sebuah pohon beringin yang telah berusia ratusan tahun dipercantik seperti sebuah pohon natal. kandang-kandang natal yang dibuat dari bambu dan alang-alang juga ikut memberikan suasana tersendiri, karena di setiap kandang natal dibuat semacam tempat nongkrong anak-anak muda setelah merayakan malam natal di gereja. lampu-lampu natal menerangi setiap jalan dan rumah, obor yang dipasang di kiri dan kanan jalan, seoah olah menjadi pagar yang menggambarkan malaikat yang menyambut Yesus. lagu-lagu natalpun diputar sisetiap kandang natal, menyemangati beberpa rekan-rekan muda menghiasi pernak pernik natal.
3. Bunyi lonceng gereja saat malam Natal
 Bunyi lonceng gereja selalu terdengar disela-sela hujan yang menjadi penanda bagi umat untuk mempersiapkan diri untuk merayakan Misa. terlebih lagi ketika lagu gloria dinyanyikan saat malam natal bersamaan dengan itu pula lonceng-lonceng gereja di seluruh kota dibunyikan. terkadang hujan diluarpun turun seolah olah ikut memuji keagungan Tuhan. Mayoritas masyarakat di kota ini beragama katolik, maka tak heran jika gereja katolik dapat kita temukan tersebar di berbagai tempat. bangunan gereja dengan gaya sasitektur yang khas dihiasi dengan pernak pernik natal, patung-patung natal mendramatisir perasaan setiap orng yng melihat keindahanya.
Selain bangunan gereja, kita juga akan menemukan banyak biara-biara yang dipenuhi oleh biarawan biarawati katolik. dengan hadirnya mereka memberikan kesan kota ruteng sebagai kota yang religius, karrena biasanya para biarawan biarawaiti ini memiliki cara-cara tersendiri dalam menyemarakan natal.
4. kue-kue natal
Natal tak pernah bisa dipisahkanddari kue-kuenya. menjelng natal tiba aroma kue pasti tercium menggoda selerasiapa saja yang lewat. terlebih jika dipadukan dengan kopi asli kota ruteng, tentu menjadi sebuah kenikmatan tersendiri.
5. Natal selalu menjadi ajang reunian
tak ayal lagi, momen natal adalah momen dimana orang-orang ruteng pada mudik pulang kampung. mengunjungi sanak keluarga untuk sekedar melepas rindu. seluruh keluarga besar biasanya berkumpul dalam satu rumah dan diadakan perjamuan natal bersama yang diaali dengan upacara teing hang (memberikan pernghormatan kepada leluhur). kaum muda biasanya berkumpul di kadang-kandang natal sambil menyalakan api unggun untuk sekedar menetralkan dingin ditemani dengan beberapa otol sopi sebagai pererekat persahabatan.
6. Ruteng adalah Betlehem kecil di Indonesia
setiap orang yang telah merayakan natal dikota ini tentunya setuju jikalau memang ruteng diibaratkan sebagai miniaturnya kota betlehem. kota dengan gereja-gereja megah berdiri menghiasi, perayaan-perayaan dan ibadat yang sakral dan yang terpenting adalah semangat umat kristen di kota ini ketika menyambut natal. sungguh sebuah kota yang selalu berusah memantaskan diri dalam menyambut Sang Juru Selamat. salam damai natal 2017 dan tahun baru 2018.

Komentar

  1. Kenangan yang indah.... semoga blognya terus berkembang... Saya ingin berbagi article tentang Duomo di Milan di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2018/03/milan-di-piazza-del-duomo.html
    Lihat juga video di youtube https://youtu.be/GkJmdx6yrAo

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVERYBODY’S CHANGING (keane)

Everybody ’ s Changing .... Sebuah lagu yang dilantunkan Keane mengiringi hujan di akhir pekan ini. daripada jenuh tidak ada kerjaan  ada baiknya saya mencoba mencari maksud dari lagu yang dinyanyikan oleh keane ini....   Dilihat dari musiknya saya pikir lagu ini tergolong Slow rock dengan bunyi bass yang mendominasi. Lagunya pass untuk didengar disaat-daat santai apalagi di suasana hujan seperti ini... tetapi yang paling menggugah adalah liryknya. Suatu lagu dapat hidup ketika liryknya dapat menyentuh hati pendengarnya. Begitulah kira-kira liryk lagu yang berjudul everybody’s changing ini setikit mengusik pikiran saya.   Semua orang berubah. Alam pun berubah, dan kehidupan itu adalah menyangkut perubahaan, bahkan segala sesuatu di alam semesta akan senantiasa mengalami perubaan. Begitupun kehidupan manusia, perubahaan merupakan kodrat yang harus dilaliui. Liryk lagu everybodyl ’ s changing i ni kurang lebih menceritakan tentang seseorang yang menyadari bahwa telah terjadi pe

TEKS PADUAN SUARA KRISTUS RAJA PERKASA

 

TEKS KOOR KARENA AKU KAU CINTA