Langsung ke konten utama

KURIKULUM YANG TERKULUM



Bukanya mau mengalahkan para profesor dan ahli pendidikan, tetapi ini sekedar curhatan seorang mantan calon guru yang Cuma dua bulan mengabdi. Walaupun masih pemula, tetapi tidak menutup imaginasi saya untuk beropini tentang apa yang sedang terjadi dalam dunia pendidikan kita.
Kuriikulum 2013, atau biasa disingkat K 13, merupakan kurikulum baru yang diterbitkan tahun 2013 atas prakarsa menteri pendidikan era SBY. Jika dilihat sekilas kurikulum ini menyajikan suatu keidealitasan dan konsep yang tinggi. Kurikulum ini memberikan gambaran kemandirian dan tingkat berpikir yang jernih. Pola pembelajaran yang mandiri menjadi warna tersendiri yang akhirnya membedakan kurikulum inidengan kurikulum lama.
Pola pemelajaran di kelas juga berbeda, dimana lebih ditekankan kemandirian siswa untuk mendapat pengetahuan, bukan lagi guru yang menjadi sumber pengetahuan. Guru tidak lebih hanya sebagai pembimbing dan juga penilai setiap kegiatan peserta didik di kelas, yang pada akhirnya peserta didik lebih banyak berbicara di kelas diandingkan guru. Model pemblajaran sientifik atau biasa juga disebut 5M dan juga pembelajaran berbasis masalah (problem base learning) menuntuk kratifitas guru dan juga tingkat kemampuan berpkir peserta didik yang tinggi.
Suatu hal yang pasti, kurikulum 2013 membrikan ruang bebas bagi peserta didik untuk berkreasi dan berpikir, dan juga menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menyusun pola pembelajaran. Hal ini juga harus ditunjang dengan kesiapan pemerintah dalam menyediakan sarana dan prasarana.
Ketika era kabinet Jokowi mulai memerintah, kurikulum ini mendadak diberhentikan. Hal ini banyak menuai pro kontra dalam masyarakat. Penghentian ini juga menyebabkan berrbagai kerugian yang cukub besar, karena dalam peluncuran kurikulum ini sudah memakan biaya yang cukup . Ditambah lagi berbagai cuitan miring di media sosial yang mengatakan bahwa ganti mentri sama dengan ganti kurikulum.
Pemerintah seolah-olah lebih mementingkan kurikulum dibandingkan membanggun sarana pendidikan. sebagus dan secanggih apapun senbuah kurikulum kalau tidak ditunjang dengan ketersediaan sarana dan prasarana tidak akkan berjalan.,kesiapan  guru dan peserta didik harus benar benar matang.
Proses pengalihan kurikulum yang mendadak seperti ini mungkin membingungkan bagi sebagian kecil orang. Namun pada kenyataanya sekolah menjalankan pembelajaran seperti biasanya.  Guru di kelas yang lebih mengetahui keadaan peserta didik pada umumnya sehingga lebih tau bangaimana caranya mmbut peserta didik untuk mengerti.
Hal penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah adalah bagaimana meningkatkan kompetensi guru. Bukan hanya kompetensi di bidang pengetahuan , namun seluruh aspek kemampuan harus benar-benar diseleksi. Kepribadian guru harus benar-benar di perhatikan agar guru menjalankan keprofesianya dengan sepenuh hati.
Kurikulum hanyalah salah satu cara pemerintah untuk mendapatkan suatu stadar minimum mutu pendidikan. Semakin cangih suatu kurikulum berarti semakin tinggi mutu yang diharapkan. Namun meningkatkan mutu tidak semudah membuat kurikulum, harus ada kesiapan merata di seluruh negeri baik di bidan sarana dan prasarana, ataupun kesiapan mental guru dan peserta didik.
Selain itu, untuk menerapkan sebuah kurikulum baru sebaiknya melalui evaluasi yang matang baik di tingkat pusat maupun tingkat bawah yakni sekolah. Sehingga seiap masalah dapat diselesaikan tanpa akhirnya membebankan peserta didik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVERYBODY’S CHANGING (keane)

Everybody ’ s Changing .... Sebuah lagu yang dilantunkan Keane mengiringi hujan di akhir pekan ini. daripada jenuh tidak ada kerjaan  ada baiknya saya mencoba mencari maksud dari lagu yang dinyanyikan oleh keane ini....   Dilihat dari musiknya saya pikir lagu ini tergolong Slow rock dengan bunyi bass yang mendominasi. Lagunya pass untuk didengar disaat-daat santai apalagi di suasana hujan seperti ini... tetapi yang paling menggugah adalah liryknya. Suatu lagu dapat hidup ketika liryknya dapat menyentuh hati pendengarnya. Begitulah kira-kira liryk lagu yang berjudul everybody’s changing ini setikit mengusik pikiran saya.   Semua orang berubah. Alam pun berubah, dan kehidupan itu adalah menyangkut perubahaan, bahkan segala sesuatu di alam semesta akan senantiasa mengalami perubaan. Begitupun kehidupan manusia, perubahaan merupakan kodrat yang harus dilaliui. Liryk lagu everybodyl ’ s changing i ni kurang lebih menceritakan tentang seseorang yang menyadari bahwa telah terjadi pe

TEKS PADUAN SUARA KRISTUS RAJA PERKASA

 

TEKS KOOR KARENA AKU KAU CINTA