Langsung ke konten utama

GIBRAN KHALIL GIBRAN




Penyair, ahli filsafat dan pelukis berdarah libanon ini lahir tanggal 6 januari 1883 di kota bsherri, libanon. Ketika berusia dua belas tahun ia diajak ibunya tinggal di boston, amerika serikat, namun tiga tahun kemudian beliau kembali ke tanah kelahiranya guna memperdalam pengetahuan bahasa arab.
Sepeninggal ibunya, beliau memperoleh bantuan dari kakak perempuanya untuk belajar melukis dan mengarang. Selanjutnya beliau pindah ke paris untuk memperdalam pengetahuannya.tentang kesenian. Pada akhirnya beliau menetap di new york city, meninggal tanggal 10 april 1931 dan dimakamkan di kota kelahiranya bsherri. Lukisan-lukisanya banyak dipamerkan di kota-kota besar eropa dan amerika serikat. (sumber :sang nabi, khalil gibran; diterjemahkan oleh sri kusdyantinah, penerbit pustaka jaya,2002.)
salah satu sajaknya....


Namun, ketika ia menuruni bukit, perasaan sedih mencekam diri
Dan ia hanya berpikir dalam hati:
Betapa aku dapat meninggalkan tempat ini
Dengan kedamaian dihati, tanpa duka?

Tidak, bukanya tanpa luka didalam jiwa
Akan kutinggalkan kota ini
Berkepanjangan hari-hari derita yang kuhayati diantara dindingnya
Dan panjang pula malam-malam kesepian;
Tetapi siapakah yang dapat berpisah dari kesedihan dan kesepianya
Tanpa rasa pilu di hati?

Terlampau banyak kepingan jiwaku berserakan sepanjang jalan-jalan ini
 Dan terlalu banyak buah kerinduanku berlari-larian diantara bukit-bukit ini,
Laksana anak telanjang. Tak kuasa aku memisahkan diri dari mereka,
Tanpa hati berat dan tersayat.
.......
Sebuah suara tak mungkin menyandang lidah dan bibir yang melahirkanya
Sendiri dia harus menghubung menyatukan diri dalam suasana
Pun seorang diri, dengan meninggalkan sarangnya,
Sang Garuda harus mengangkasa melintasi surya
.......

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVERYBODY’S CHANGING (keane)

Everybody ’ s Changing .... Sebuah lagu yang dilantunkan Keane mengiringi hujan di akhir pekan ini. daripada jenuh tidak ada kerjaan  ada baiknya saya mencoba mencari maksud dari lagu yang dinyanyikan oleh keane ini....   Dilihat dari musiknya saya pikir lagu ini tergolong Slow rock dengan bunyi bass yang mendominasi. Lagunya pass untuk didengar disaat-daat santai apalagi di suasana hujan seperti ini... tetapi yang paling menggugah adalah liryknya. Suatu lagu dapat hidup ketika liryknya dapat menyentuh hati pendengarnya. Begitulah kira-kira liryk lagu yang berjudul everybody’s changing ini setikit mengusik pikiran saya.   Semua orang berubah. Alam pun berubah, dan kehidupan itu adalah menyangkut perubahaan, bahkan segala sesuatu di alam semesta akan senantiasa mengalami perubaan. Begitupun kehidupan manusia, perubahaan merupakan kodrat yang harus dilaliui. Liryk lagu everybodyl ’ s changing i ni kurang lebih menceritakan tentang seseorang yang menyadari bahwa telah terjadi pe

TEKS PADUAN SUARA KRISTUS RAJA PERKASA

 

TEKS KOOR KARENA AKU KAU CINTA