Nama Sekolah : SMA ADHYAKSA
Mata pelajaran :
Fisika
Kelas/ semester : X /ganjil
Materi Pokok : gerak melingkar
Alokasi Waktu : 3 jam (180
menit)
Model
pembelajaran : Pembelajaran Langsung
Metode
pembelajaran :
1. Demonstrasi
2. ceramah
3. diskusi
Kompetensi Inti :
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahaan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar :
1. Peserta
didik menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya
melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukuranya.
2. Menunjukan
perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan, melaporkan dan berdiskusi.
3. Menganalisis
besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapanya dalam
teknologi.
Indikator :
1. Mendefenisikan
besaran-besaran fisika dalam gerak melingkar.
2. Memformulasikan
hubungan antara besaran-besaran fisika dalam gerak melingkar dan gerak lurus.
3. Menganalisis
penggunaan konsep gerak melingkar dalam pemecahaan masalah.
4. Menyajikan
ide tau gagasan terkait dengan gerak melingkar.
Indikator :
1. Merancang
penggunaan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan
Pembelajaran :
1. Peserta
didik dapat mendeskripsikan kecepatan linear dan kecepatan anguler.
2. Peserta
didik dapat memformulasikan hubungan antara besaran-besaran fisika dalam gerak
melingkar dan gerak lurus.
3. Peserta
didik dapat mendeskripsikan gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar
berubah beraturan.
Materi
pembelajaran :
Materi
pembelajaran tentang besaran dan gerak melingkar, dan gerak melingkar
beraturan.
Rincian
Kegiatan :
Kegiatan awal (10 menit)
a. Guru
memulai pembelajaran dengan sapaan awal, dan doa pembuka.
b. Guru
mengambil data kehadiran peserta didik.
c. Guru
menyampaikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran
d. Guru
mereview kembali materi yang telah dipelajari berkaitan dengan gerak.
Kegiatan inti (160 menit) :.
Mengamati
:
a. Guru
memberikan demonstrasi tentang gerak melingar dengan menggunakan bola yang
diikat pada seutas tali yang kemudian diputar peserta didik diminta untuk
mengamati.
b. Guru
memberikan gambar gerak melingkar yang terjadi pada cakram CD dan kemudian
memperikan penjelasan awal mengenai perpindahaan dalam gerak melingkar, yang
kemudian didiskusikan oleh peseta didik berpasangan.
Mengasosiasi
:
c. Peserta
didik diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusi secara lisan dan
kemudian diberikan rangkuman oleh guru mengenai hasil diskusi.
Mengumpulkan
informasi :
d. Peserta
didik diberikan kesempatan untuk mendiskusikan berpasangan tentang kecepatan
dalam gerak melingkar,
e. Peserta
didik mendiskusikan hubungan antara besaran gerak melingkar dan gerak lurus
Mengevaluasi
:
f. Guru
memberikan contoh soal yang kemudian dibahas bersama peserta didik.
Menanya
:
g. Guru
memberikan kesempatan untuk bertanya bagi peserta didik yang belum mengerti
mengenai materi yang telah diajarkan..
h. Guru
menjelaskan tentang gerak melingkar beraturan serta hubungan antara
Periode,frekuensi, kecepatan Linear dan kecepatan Sudut.
Mengevaluasi
:
i.
Guru memberikan contoh
soal yang akan dibahas bersama peserta didik.
j.
Peserta didik diminta
untuk mengamati gambar percepatan sentripetal.
k. Guru
membimbing peserta didik untuk menganalisis percepatan dalam gerak melingkar
berdasarkan gambar.
Mengumpulkan
informasi :
l.
Peserta didik
mendiskusikan berpasangan tentang hubungan roda-roda yang kemudian dikemukakan
secara lisan.
Mengevaluasi
:
m. Guru
memberikan contoh soal yang kemudian dibahas bersama peserta didik.
n. Peserta
didik mengerjakan latihan soal tentang gerak melingkar untuk diambil nilainya
Kegiatan penutup (20 menit):
a. peserta
didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan di pertegas oleh guru.
b. Guru
memberikan tugas untuk menuli penerapan gerak melingkar dalam kehidupan
sehari-hari minimal 3 penerapan.
c. Guru
menyampaikan terima kasih kepada peserta didik untuk perhatianya Selama
mengikuti proses pembelajaran, kemudian menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
d. Doa
penutup.
Sumber
Pembelajaran :
Kanginan,
Marten.Fisika SMA/MA kelas X.
penerbit : Erlangga
Penilaian :
1. Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Guru mengobservasi kemampuan
siswa dalam keaktifan, kerja sama, serta penguasaan materi.
2. Penilaian
dari hasil jawaban soal latihan.
No
|
Soal
|
Skor
|
|||
1
|
Tentukan kecepatan
sudut rata-rata dari cakram yang melakukan empat putaran dalam waktu 3.60 s.
|
5
|
|||
2
|
Bola diikat pada
seutas tali yang pajangnya 1 m. batu tersebut melakukan 5 putaran dalam satu
sekon. Tentukan periode, frekuensi, kecepatan linear dan kecepatan sudut batu
tersebut
!
|
5
|
|||
3
|
Sebuah benda yang
bergerak pada lintasan melingkar memiliki jari-jari 0.5 m. partikel itu dapat
menempuh sudut 60π dalam 15 sekon. tentukanlah :
·
Kecepatan sudut benda
·
Waktu yang diperlukan
benda untuk berputar satu kali.
·
Frekuensi gerak
benda.
|
5
|
|||
4
|
Sebuah roda melakukan gerakan melingkar sebanyak
50 putaran terhadap porosnya dalam1 s. Tentukan kelajuan linear titik pada
roda yang berjarak 2 cm dan 4 cm dari pusatnya.
|
5
|
|||
5
|
Sebuah ban sepeda berdiameter 80 cm melaju dengan
kelajuan 20 m/s. tentukan :
a.
Frekuensi putar ban!
b.
Kecepatan sudut ban!
|
5
|
|||
1
|
Sebuah roda berputar
dengan kecepatan sudut 120 rpm. Jari-jari roda 50 cm. tentukan :
a. Sudut
yang ditempuh benda dalam waktu 5 sekon
b. Panjang
lntasan yang ditempu benda di tepi roda dalam waktu 5 detik.
c. Kecepatan
linear benda yang berada di tepi roda.
|
5
|
|||
2
|
tiga buah roda dihubungkan satu sama
lain seperti tampak pada gambar. Diketahui jari-jari masing-masing silinder
sebesar ra = 20 cm, rb = 50 cm dan rc = 30
cm. kemdian silinder C dihubungkan dengan mesin penggerak sehingga dapat
bergerak dengan kecepatan sudut tetap 5 rad/s. tentukanlah :
a. Kecepaan
linear titik-titik di pinggir silinder B!
b. Kecepatan
sudut putar di silinder A!
|
5
|
|||
Komentar
Posting Komentar