Langsung ke konten utama

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama Sekolah           :  SMA ADHYAKSA
Mata pelajaran          :  Fisika
Kelas/ semester          :  X /ganjil
Materi Pokok             :  gerak melingkar
Alokasi Waktu           :  3 jam (180 menit)
Model pembelajaran : Pembelajaran Langsung
Metode pembelajaran :
1.      Demonstrasi
2.      ceramah
3.      diskusi
Kompetensi Inti         :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahaan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
1.      Peserta didik menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukuranya.
2.      Menunjukan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan dan berdiskusi.
3.      Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapanya dalam teknologi.
Indikator        :
1.      Mendefenisikan besaran-besaran fisika dalam gerak melingkar.
2.      Memformulasikan hubungan antara besaran-besaran fisika dalam gerak melingkar dan gerak lurus.
3.      Menganalisis penggunaan konsep gerak melingkar dalam pemecahaan masalah.
4.      Menyajikan ide tau gagasan terkait dengan gerak melingkar.
Indikator        :
1.      Merancang penggunaan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
1.      Peserta didik dapat mendeskripsikan kecepatan linear dan kecepatan anguler.
2.      Peserta didik dapat memformulasikan hubungan antara besaran-besaran fisika dalam gerak melingkar dan gerak lurus.
3.      Peserta didik dapat mendeskripsikan gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan.
Materi pembelajaran :
Materi pembelajaran tentang besaran dan gerak melingkar, dan gerak melingkar beraturan.

Rincian Kegiatan :
Kegiatan awal (10 menit)
a.       Guru memulai pembelajaran dengan sapaan awal, dan doa pembuka.
b.      Guru mengambil data kehadiran peserta didik.
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran
d.      Guru mereview kembali materi yang telah dipelajari berkaitan dengan gerak.
Kegiatan inti (160 menit)  :.
Mengamati :
a.       Guru memberikan demonstrasi tentang gerak melingar dengan menggunakan bola yang diikat pada seutas tali yang kemudian diputar peserta didik diminta untuk mengamati.
b.      Guru memberikan gambar gerak melingkar yang terjadi pada cakram CD dan kemudian memperikan penjelasan awal mengenai perpindahaan dalam gerak melingkar, yang kemudian didiskusikan oleh peseta didik berpasangan.
Mengasosiasi :
c.       Peserta didik diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusi secara lisan dan kemudian diberikan rangkuman oleh guru mengenai hasil diskusi.
Mengumpulkan informasi :
d.      Peserta didik diberikan kesempatan untuk mendiskusikan berpasangan tentang kecepatan dalam gerak melingkar,
e.       Peserta didik mendiskusikan hubungan antara besaran gerak melingkar dan gerak lurus
Mengevaluasi :
f.       Guru memberikan contoh soal yang kemudian dibahas bersama peserta didik.

Menanya :
g.      Guru memberikan kesempatan untuk bertanya bagi peserta didik yang belum mengerti mengenai materi yang telah diajarkan..
h.      Guru menjelaskan tentang gerak melingkar beraturan serta hubungan antara Periode,frekuensi, kecepatan Linear dan kecepatan Sudut.
Mengevaluasi :
i.        Guru memberikan contoh soal yang akan dibahas bersama peserta didik.
j.        Peserta didik diminta untuk mengamati gambar percepatan sentripetal.
k.      Guru membimbing peserta didik untuk menganalisis percepatan dalam gerak melingkar berdasarkan gambar.
Mengumpulkan informasi :
l.        Peserta didik mendiskusikan berpasangan tentang hubungan roda-roda yang kemudian dikemukakan secara lisan.
Mengevaluasi :
m.    Guru memberikan contoh soal yang kemudian dibahas bersama peserta didik.
n.      Peserta didik mengerjakan latihan soal tentang gerak melingkar untuk diambil nilainya
Kegiatan penutup (20 menit):
a.       peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan di pertegas oleh guru.
b.      Guru memberikan tugas untuk menuli penerapan gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari minimal 3 penerapan.
c.       Guru menyampaikan terima kasih kepada peserta didik untuk perhatianya Selama mengikuti proses pembelajaran, kemudian menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
d.      Doa penutup.

Sumber Pembelajaran :
Kanginan, Marten.Fisika SMA/MA kelas X. penerbit : Erlangga
Penilaian        :
1.      Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Guru mengobservasi kemampuan siswa dalam keaktifan, kerja sama, serta penguasaan materi.
2.      Penilaian dari hasil jawaban soal latihan.
No
Soal
Skor

1
Tentukan kecepatan sudut rata-rata dari cakram yang melakukan empat putaran dalam waktu 3.60 s.
5

2
Bola diikat pada seutas tali yang pajangnya 1 m. batu tersebut melakukan 5 putaran dalam satu sekon. Tentukan periode, frekuensi, kecepatan linear dan kecepatan sudut batu tersebut !
5

3
Sebuah benda yang bergerak pada lintasan melingkar memiliki jari-jari 0.5 m. partikel itu dapat menempuh sudut 60π dalam 15 sekon. tentukanlah :
·         Kecepatan sudut benda
·         Waktu yang diperlukan benda untuk berputar satu kali.
·         Frekuensi gerak benda.
5

4
Sebuah roda melakukan gerakan melingkar sebanyak 50 putaran terhadap porosnya dalam1 s. Tentukan kelajuan linear titik pada roda yang berjarak 2 cm dan 4 cm dari pusatnya.
5

5
Sebuah ban sepeda berdiameter 80 cm melaju dengan kelajuan 20 m/s. tentukan :
a.       Frekuensi putar ban!
b.      Kecepatan sudut ban!
5

1
Sebuah roda berputar dengan kecepatan sudut 120 rpm. Jari-jari roda 50 cm. tentukan :
a.       Sudut yang ditempuh benda dalam waktu 5 sekon
b.      Panjang lntasan yang ditempu benda di tepi roda dalam waktu 5 detik.
c.       Kecepatan linear benda yang berada di tepi roda.
5
2
tiga buah roda dihubungkan satu sama lain seperti tampak pada gambar. Diketahui jari-jari masing-masing silinder sebesar ra = 20 cm, rb = 50 cm dan rc = 30 cm. kemdian silinder C dihubungkan dengan mesin penggerak sehingga dapat bergerak dengan kecepatan sudut tetap 5 rad/s. tentukanlah :
a.       Kecepaan linear titik-titik di pinggir silinder B!
b.      Kecepatan sudut putar di silinder A!
5









Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVERYBODY’S CHANGING (keane)

Everybody ’ s Changing .... Sebuah lagu yang dilantunkan Keane mengiringi hujan di akhir pekan ini. daripada jenuh tidak ada kerjaan  ada baiknya saya mencoba mencari maksud dari lagu yang dinyanyikan oleh keane ini....   Dilihat dari musiknya saya pikir lagu ini tergolong Slow rock dengan bunyi bass yang mendominasi. Lagunya pass untuk didengar disaat-daat santai apalagi di suasana hujan seperti ini... tetapi yang paling menggugah adalah liryknya. Suatu lagu dapat hidup ketika liryknya dapat menyentuh hati pendengarnya. Begitulah kira-kira liryk lagu yang berjudul everybody’s changing ini setikit mengusik pikiran saya.   Semua orang berubah. Alam pun berubah, dan kehidupan itu adalah menyangkut perubahaan, bahkan segala sesuatu di alam semesta akan senantiasa mengalami perubaan. Begitupun kehidupan manusia, perubahaan merupakan kodrat yang harus dilaliui. Liryk lagu everybodyl ’ s changing i ni kurang lebih menceritakan tentang seseorang yang menyadari bahwa telah terjadi pe

TEKS PADUAN SUARA KRISTUS RAJA PERKASA

 

TEKS KOOR KARENA AKU KAU CINTA